Mengenal CMS Toko Online Serta Memahami Keunggulan dan Kekurangannya

mengenal keunggulan dan kekurangan cms toko online

Content Management System atau CMS toko online memiliki peran penting dalam dunia digital untuk pembuatan konten. CMS bagi orang awam mungkin akan terdengar asing sehingga perlu memahaminya sebelum menggunakannya. Penting juga untuk memilih CMS yang tepat karena selain keunggulan terdapat pula kekurangannya.

Mengenal Content Management System

CMS adalah software yang membantu pengelolaan sebuah website menjadi lebih mudah meliputi publikasi dan melakukan perubahan. Pemilik website dapat mengatur tampilan, konten, dan fitur dengan mudah berkat user interface yang mudah digunakan. Untuk melakukan hal tersebut pemilik website tidak perlu memiliki kemampuan coding.

Tidak hanya mengelola konten, developer juga bisa menyimpan data website dengan mudah berkat CMS ini. CMS toko online akan memungkinkan beberapa pihak yang bekerjasama agar mampu mengelola website tersebut. CMS memungkinkan developer dari berbagai bidang untuk mengelola website dengan mudah.

Website toko online, portal berita, perusahaan, forum, dan lain-lain akan mudah dikelola dengan CMS. Dengan demikian CMS memungkinkan developer mengelola website setiap saat tanpa harus bergantung pada pihak lain. 

Keunggulan CMS

CMS toko online paling bagus memiliki berbagai keunggulan atau kelebihan berikut. 

  1. Lebih efisien

CMS memberikan kemudahan atau efisien karena developer tidak harus memasang aplikasi pada perangkat komputer. Hanya dengan browser dan jaringan internet developer dapat mengelola website. Developer dapat mengatur beberapa orang untuk mengelola website menggunakan user ID.

  1. Biaya lebih terjangkau

Developer dapat mengubah konten, tampilan, dan hal lain pada website secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Perubahan pada website juga akan tersedia dengan cepat tanpa bantuan orang lain. Tentu saja hal tersebut akan meringankan pengeluaran untuk mengelola website yang memerlukan perubahan berkala.

  1. Mudah melakukan pembaruan

Pembaruan atau perubahan website dapat dilakukan agar pengunjung tidak merasa bosan dengan tampilan yang monoton. Namun, desain dan susunan navigasi yang berubah-ubah juga dapat membingungkan pengunjung. CMS toko online paling mudah membantu developer menggunakan tema baru tanpa mengubah desain dan susunan navigasi.

  1. Tersedia pada semua waktu dan tempat

Pengelolaan website tanpa coding akan memungkinkan developer mengelolanya di setiap waktu dan tempat. Kemudahan tersebut didapatkan karena adanya desain dan sistem yang mudah digunakan serta sederhana.

Kekurangan CMS

Selain keunggulan di atas, sayangnya CMS juga memiliki beberapa kekurangan.

  1. Keamanan data tidak sepenuhnya terjamin yang memudahkan adanya akses ilegal dan kejahatan cyber.
  2. Template atau desain yang banyak digunakan oleh website lain karena terbatas.
  3. Dapat mempengaruhi waktu loading sebuah website sehingga mempengaruhi user experience pada mesin pencarian.
  4. Memiliki keterbatasan dalam mengembangkan fitur, tidak seperti jika menggunakan coding.
  5. Keamanan data website juga tidak sepenuhnya aman sehingga meningkatkan resiko kejahatan siber dan akses ilegal.

Dari pengertian, keunggulan, dan kelemahan di atas maka perlu pengetahuan dan pertimbangan dalam menggunakan CMS toko online. Pastikan memahami cara menggunakan dan menjaga keamanan data agar tidak dirugikan. 

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.