Karakteristik dan Jenis Deposito yang Menguntungkan

Ilustrasi keuntungan dari deposito paling menguntungkan

Terdapatnya deposito paling menguntungkan menjadi alternatif untuk nasabah, di samping memutuskan investasi dengan tabungan. Bila di antara Anda masih ada yang belum paham tentang perbedaan deposito dan tabungan, dengan sederhana deposito, yaitu investasi yang imbal baliknya lebih besar daripada tabungan. Tetapi, keduanya juga produk investasi dari bank.

Karakteristik Deposito

Adanya sejumlah karakteristik deposito paling menguntungkan daripada investasi lainnya. Mulai dari masa pencairan, besar bunga yang diperoleh dan risikonya.

  1. Masa Pencairan

Bila Anda telah memilih agar mendepositokan uang Anda, maka wajib tahu kapan masa pencairan uang itu. Tidak sama dengan menabung, deposito cuma dapat dicairkan berdasarkan waktu yang disetujui. Masa kadaluwarsa yang dipromosikan tersedia banyak, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, sampai 24 bulan.

Anda harus betul-betul memutuskan kapan masa pencairan uang deposito. Bila Anda menarik uang deposito sebelum masa kadaluarsa, maka Anda nanti dipotong biaya denda yang jumlahnya menurut berapa nominal uang deposito Anda.

  1. Bunga yang Diperoleh

Jumlah biaya bunga yang diperoleh pasti berdasarkan seberapa banyak uang yang Anda simpan di deposito. Di sisi lain, bank alternatif Anda pun berpengaruh pada nominal bunga. Tentu saja, bunga deposito paling menguntungkan dan lebih besar daripada dengan tabungan, karena persyaratan deposito yang hanya baru dapat ditarik berdasarkan kurun waktu yang sudah ditentukan. 

  1. Risiko

Deposito banyak dilirik, sebab berisiko yang rendah. Di sisi lain, deposito telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga Anda nanti merasa lebih aman saat investasi deposito. Anda dapat berinvestasi deposito, bila mau mengambil risiko rendah.

  1. Sebagai Jaminan

Deposito sebagai investasi yang memikat, sebab deposito bisa dijadikan sebagai jaminan. Meskipun, tidak seluruh bank dapat menjadikan deposito sebagai jaminan, tetapi hal itu selalu menjadi daya pikat untuk para nasabah. 

Jenis Deposito

Jenis deposito yang populer, yaitu deposito berjangka, tetapi rupanya deposito mempunyai jenis lainnya. Terdapat pula sertifikat deposito dan deposito on call

  1. Deposito Berjangka

Deposito ini cuma bisa diambil di waktu yang sudah ditentukan dan dapat diterbitkan baik atas nama pribadi atau instansi. Sesudahnya, pihak bank yang nanti menyuguhkan bunga dan mentransfer menuju rekening terdaftar. Deposito berjangka mempunyai bunga lebih besar. Tetapi, deposito berjangka cuma dapat diterapkan berdasarkan persetujuan waktu sampai masa jatuh tempo.

  1. Sertifikat Deposito

Wujud deposito terdiri dari sertifikat deposito atas nama pribadi atau instansi. Sertifikat ini mampu dengan gampang beralih tangan dari perorangan maupun untuk para instansi.

  1. Deposito On Call

Di jenis deposito paling menguntungkan ini cuma dapat diputuskan pada jangka waktu paling lama 1 bulan. Deposito on call kebanyakan ditentukan oleh nasabah yang nominal uangnya besar, antara 100-500 juta. Di sisi lain, bila Anda hendak mencairkan dana deposito on call, Anda cuma harus menyampaikan kepada pihak bank selambatnya 3 hari sebelum menarik deposito. 

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.