Jual Alat Berat Baru dan Tips Memilihnya

jual alat berat

Alat berat dibeli dengan tujuan agar bisa lebih memudahkan pekerjaan kerja berat juga agar manusia lebih terlindungi dan meminimalisir kecelakaan kerja. Sehingga sebaiknya membeli alat berat yang baru daripada alat berat bekas yang pasti sudah ada cacatnya di sana sini yang bisa membahayakan pekerjaan dan rawan rusak yang bisa menghambat pekerjaan dan membuat lama pengerjaan. Berikut ini tips memilih tempat jual alat berat baru.

Pilih jenis dan spesifikasi serta kapasitas sesuai kebutuhan

Pertama pilih jenis alat berat yang sesuai dengan kebutuhan dan penggunaannya. Lalu datangi tempat jual alat berat baru untuk mencobanya. Dalam hal ini terdapat beberapa jenis alat berat yang dirancang dengan fungsi khususnya masing-masing. Pilih jenis alat berat yang tepat dengan jenis pekerjaannya. Lalu berikutnya pilih juga kapasitasnya yang sesuai dengan peruntukannya, karena kapasitas dan spesifikasi tiap jenis alat berat juga bervariasi. Mulai dari kapasitas kecil, sedang hingga besar.

Desain Alat Berat

Untuk alat berat jenis tertentu maka sudah ada standar desain modelnya, sehingga akan sama saja bentuk desain modelnya pada beberapa merek, hanya ada beberapa perbedaan pada letak atau ukurannya saja. Namun pada beberapa alat berat dengan fungsi tertentu maka akan ada perbedaan desain dari yang sedikit hingga banyak untuk produk tiap merk yang ada. Pilih desain yang paling efisien dan efektif sesuai kebutuhan penggunaannya. Dapat melakukan tes terlebih dahulu dengan mencobanya, untuk membandingkannya.

Cek Kelengkapan Alat Berat

Selain fungsi pokoknya maka alat berat juga ada yang dilengkapi dengan tools tambahan guna menambah dan meningkatkan fungsinya. Seperti adanya roda atau rel agar lebih mudah dipindah-pindahkan guna menambah daya mobilitasnya, atau adanya tambahan tiang atau tangkai guna menambah daya jangkaunya, dan lain sebagainya. Cek kelengkapan tersebut jika ada serta tambahan harganya. Pertimbangkan kesesuaiannya dengan kebutuhan dan penggunaannya sehari-hari. Jika memang diperlukan maka tak ada salahnya jika dibeli juga jika anggaran yang tersedia juga memungkinkan.

Cek Kemudahan Mendapatkan Sparepartnya

Ketersediaan suku cadang juga sangat penting karena pasti suatu saat alat berat memerlukan penggantian suku cadang atau sparepart. Sehingga pilih alat berat yang mudah dan murah mendapatkan suku cadangnya. Murah bukan berarti murahan. Kualitasnya harus bisa tetap terjaga agar keselamatan kerja tetap terjaga.

Merk

Pertimbangan berikutnya adalah memilih merk nya. Hal ini karena terdapat banyak pilihan merk produsen alat berat. Merk terkenal biasanya cukup mahal harganya namun biasanya akan berani memberikan garansi dalam jangka waktu yang lebih panjang juga terjamin ketersediaan suku cadangnya, juga bagus layanan purna jualnya. Cek kualitas alat beratnya juga keunggulan desainnya. Namun bisa saja merk baru yang kurang terkenal tapi memiliki kualitas yang lebih bagus atau setara dengan harga yang lebih murah. Jika sparepartnya mudah didapatkan dan garansinya cukup panjang dengan layanan purna jual yang mendukung maka tak ada salahnya untuk dipilih.

Itulah antara lain tips memilih alat berat yang baru secara tepat.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.