Mengenal Berbagai Jenis Kredit Multiguna, Apa Saja?

Ilustrasi Kredit Multiguna

Kredit multiguna ini merupakan salah satu produk kredit yang akan memberikan anda fasilitas pinjaman, peminjam juga diharuskan untuk memberikan agunan atau surat berharga. Jumlah pinjaman yang ditawarkan juga relatif fleksibel dan besar, sehingga jaminan dari kreditur dapat ditaksir oleh pihak bank berdasarkan limit kreditnya. Dengan adanya besaran pinjaman yang didapatkan ini, maka harus disesuaikan dengan taksiran harga barang yang digunakan sebagai jaminan. 

Jenis pinjaman kredit multiguna

  1. Kredit kendaraan bermotor. Jika Anda memutuskan membeli motor dengan menggunakan kredit, pasti Anda sudah sangat sering mendengar jaminan berupa BPKB motor. Pembeli juga perlu memberikan angsuran motor setiap bulannya, sesuai dengan perjanjian yang dibuat oleh pihak kedua. Angsuran ini biasanya ditetapkan berupa BPKB yang diserahkan, dan jika ada keterlambatan dalam membayar, nasabah akan dikenakan denda dan motor akan diambil jika tidak dilunasi. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena pihak leasing tidak akan menarik motor secara sembarangan, karena ada aturan pemerintah berupa pinjaman yang perlu ditaati.
  2. KPR/ kredit pemilik rumah. Kredit multiguna dengan menggunakan KPR ini termasuk kredit yang paling murah dan sangat disukai oleh orang yang telah berkeluarga, tetapi tidak mempunyai tempat tinggal yang tepat, sehingga dikenal dengan kredit pemilikan rumah.
  3. KPA/ kredit pemilik apartemen. KPA dan KPR ini hampir sama, yang membedakan hanyalah objek antara keduanya. Jadi, KPR ini akan memberikan nasabah berupa hak milik rumah yang dijadikan sebagai jaminan hingga pembayaran tersebut lunas. Jika terjadi keterlambatan, maka akan ada sejumlah denda yang perlu dibayar.
  4. Kredit usaha rakyat. Kredit usaha rakyat ini biasanya digunakan bagi orang yang sedang menjalankan bisnis yang sudah mereka rintis. Singkatnya kredit usaha rakyat ini merupakan suatu pembiayaan modal kerja atau investasi yang ditujukan untuk para UMKM. Pembiayaan atau kredit yang disalurkan kepada UMKM baik secara individu atau kelompok usaha yang dinilai produktif. Subsidi yang diberikan dapat berupa bunga dan pola jaminan. Dengan adanya KUR ini sangat membantu para UMKM kecil.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.