Manfaat Deposito dengan Bunga Tinggi Jangka Panjang

Ilustrasi keuangan

Deposito adalah penempatan dana yang menjadi jaminan di bank. Sistemnya sedikit berbeda dengan tabungan bank biasa yang bisa diambil kapan saja, deposito hanya dapat diambil jika sudah waktu jatuh tempo.

Oleh karena itu sistem deposito banyak disebut sebagai tenor, karena adanya deposito dengan bunga tinggi pada setiap bank.

Ragam Deposito 

Menurut Ismail dalam buku Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Aplikasi, deposito memiliki tiga macam tipe. 

1.    Deposito Berjangka 

Tipe deposito ini adalah deposito dengan bunga tinggi dengan sistem simpanan dengan sistem yang dapat menarik dalam jangka waktu tertentu. 

Contohnya jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Semakin lama jangka waktu yang diambil, semakin besar pula bunga yang dibebankan. 

2.    Sertifikat Deposito 

Jenis deposito ini adalah jenis yang dapat diperdagangkan. Dengan cara sertifikat deposito ditulis dalam nominal tertentu, potongan atau bunga yang dibayar dan ditulis “Bunga dibayar di muka”.

Sertifikat deposito juga dapat dihapus atau dinyatakan tidak berlaku selama jangka waktu yang tertera pada sertifikat. 

3.    Deposit On  Call 

Tipe terakhir dari deposito adalah Deposito On Call. Jumlah uang yang disimpan pada deposito on call biasanya memiliki jangka waktu 7 sampai dengan 30 hari. 

Jenis deposito ini tidak bisa diperjual belikan, sehingga untuk dapat mengambil uang ini harus sama dengan data pada deposito. 

Manfaat Deposito dengan Bunga Tinggi 

·         Investasi dengan Resiko Rendah

Tenggang waktu pada deposito dengan bunga tinggi memang terdengar beresiko,  namun memiliki deposito jangka panjang memiliki persentase kegagalan investasi yang cukup rendah dibanding dengan investasi lain seperti obligasi dan pasar saham. 

Hal ini juga mempengaruhi ketakutan dengan investasi yang terkadang memiliki resiko kegagalan karena harga yang naik turun, sedangkan dengan deposito tidak terpatok pada harga pasar. 

·         Tabungan Lebih Terjaga 

Umumnya menabung di bank agar uang dapat terkumpul untuk kebutuhan yang lebih besar nantinya. Namun, jika menabung dengan sistem biasa tentu uang yang dikumpulkan dapat diambil dengan leluasa dan pada akhirnya uang yang dibutuhkan tidak dapat terkumpul seperti yang diharapkan. 

Menggunakan deposito dengan bunga tinggi berjangka panjang uang bisa lebih terjaga karena hanya dapat diambil pada waktu tertentu saja.

Cara Menghitung Bunga Pada Deposito 

Menggunakan deposito dengan bunga tinggi memiliki keuntungan yang besar untuk kedepannya. Hal itu dapat dihitung dengan menghitung suku bunga deposito dengan cara:

  • Keuntungan deposito = bunga deposito  x jumlah uang yang disetor x waktu tenor (dalam hari
  • Pajak deposito = jumlah pajak x bunga deposito 
  • Pengambilan deposito = nominal dari investasi + ( bunga deposito – pajak) 

Setelah mengetahui manfaat menggunakan deposito dengan bunga tinggi apakah mulai tertarik menggunakan deposito jangka panjang? 

Pastikan perencanaan keuangan yang ingin diambil sudah matang dan memahami proses seperti apa yang akan dijalani agar investasi dengan deposito berhasil untuk masa depan. 

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.