Tips Memilih Triplek Kualitas Terbaik

Ilustrasi Triplek

Triplek memang memiliki banyak fungsi dan kelebihan jika dibandingkan dengan bahan material lainnya. Namun triplek juga membutuhkan ketelitian ekstra saat memilih agar anda mendapatkan kualitas dan Harga triplek yang terbaik.

Tentunya terdapat perbedaan yang bisa dilihat jika anda mengamati triplek dengan cermat antara triplek yang kualitasnya bagus dengan yang sebaliknya. Oleh karena itu untuk membantu anda mendapatkan triplek terbaik berikut adalah beberapa tips untuk anda.

Tips memilih triplek terbaik

  1. Memeriksa grading triplek

Hal utama yang perlu anda perhatikan adalah grading triplek karena itu bisa jadi faktor krusial dalam menentukan kualitasnya. Anda bisa mengamati gradien triplek dari bahan dan lem yang digunakan dalam proses pembuatan.

Untuk jenis kayunya yang sering digunakan dalam proses pembuatan triplek adalah jenis kayu yang memiliki bobot sangat ringan namun tetap kokoh dan kuat. Jenis kayu yang sesuai kualifikasi tersebut diantaranya adalah jabon, meranti, albasia, akasia, jati, sengon, dan lain sebagainya.

  1. Perhatikan kelurusannya

Faktor penting lainnya yang harus dipertimbangkan adalah kelurusan triplek. Triplek yang bagus tentu saja yang lurus karena jika melengkung akan sulit untuk dibentuk atau digunakan sesuai keinginan.

Untuk bisa menentukan kelurusan triplek anda bisa mendirikan triplek tersebut perhatikan garis lurusnya.

  1. Periksa bagian depan dan belakang triplek

Bagian depan triplek merupakan bagian yang nanti akan jadi bagian luar dari bangunan, sedangkan bagian dalam adalah nanti bagian yang akan menghadap ke dalam. Selain itu bagian depan juga biasanya lebih halus dan kinclong dibanding yang belakang. Memeriksa bagian depan dan belakang ini akan memudahkan anda saat proses pengecatan triplek anntinya

Harga triplek

Untuk harganya bergantung pada ukuran dan jenisnya. Berikut beberapa contoh diantaranya:

  • Kayu sengon dengan ukuran 3 mm – 18 mm 39 k – 167 k
  • Kayu meranti dengan ukuran 3 mm – 18 mm 43 k – 225 k
  • Melamin dengan ukuran 12 mm 412 k

Itulah beberapa tips memilih dan Harga triplek di pasaran.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.