Kelebihan dan Kekurangan Rangka Baja Terbaik Sebagai Rangka Bangunan Anda

Ilustrasi rangka bangunan

Ketika kamu ingin membangun bangunan, akan ada banyak sekali pilihan bahan bangunan yang mungkin bisa kamu gunakan. baik dari lantai, dinding, hingga penggunaan rangka sekalipun. Umumnya, orang-orang memilih menggunakan kayu sebagai pilihan rangka bangunan bangunan. Tapi saat ini, nampaknya rangka baja menjadi primadona dalam membangun bangunan.

Rangka baja terbaik umumnya dibuat dari campuran aluminium dan beberapa material lainnya, misalnya seng. Sehingga, baja menjadi lebih kuat daripada aluminium murni.

Kelebihan Rangka Baja Terbaik

Menggunakan rangka baja sebagai rangka untuk bangunan menjadi salah satu hal yang patut kamu pertimbangkan. Pasalnya, ada berbagai macam keunggulan baja yang bisa kamu dapatkan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kuat

Rangka baja umumnya dibuat dari campuran aluminium dan beberapa material lainnya, misalnya seng. Sehingga, baja menjadi lebih kuat daripada aluminium murni. Hal inilah yang membuatnya banyak digunakan sebagai rangka bangunan agar bisa menopang bangunan dengan lebih kokoh.

  • Ringan

Meskipun kuat, jangan salah dengan bobotnya. Sudah menjadi rahasia umum jika rangka baja dikenal dengan karakteristiknya yang cukup ringan. Yaitu mencapai 9kg/m2. Tentunya ini tergolong sangat ringan ketimbang aluminium murni yang justru lebih berat, yaitu di angka 25kg/m2, hingga kayu di angka 17kg/m2 sekalipun.

  • Mudah Dibentuk

Dengan bobotnya yang ringan, kamu bisa menggunakan rangka baja dalam keadaan apapun karena tergolong sangat mudah untuk dibentuk sesuai kebutuhan. Mulai dari dipotong, disambung, hingga dibengkokkan sesuai struktur bangunan.

  • Tegangan Tarik yang Tinggi

Karena merupakan logam yang cukup kuat dan mudah untuk dibentuk, rangka baja juga memiliki tegangan tarik yang tergolong tinggi. Oleh karena itu, tak heran jika baja sering digunakan sebagai rangka atap bangunan yang umumnya membutuhkan rangka dengan tegangan tarik yang cukup tinggi.

  • Awet dan Tahan di Segala Kondisi

Aluminium merupakan jenis logam yang tahan oksidasi hingga rayap. Tentunya ini menjadi nilai lebih bagi pemilik bangunan yang menginginkan rumah yang awet. Bahkan, ringannya rangka baja membuatnya tahan di segala kondisi. Mulai dari cuaca ekstrim, hingga dinilai lebih tahan bencana.

Kekurangan Rangka Baja 

  • Mahal

Segala kelebihan yang dimiliki rangka baja terbaik harus dikompensasi dengan harganya yang tidak murah. Yaitu di angka Rp 100.000,00 hingga Rp 250.000,00. Bahkan harga tersebut belum termasuk beberapa perlengkapan pendukung lainnya untuk memasang baja.

  • Pemasangan Rumit

Pemasangan rangka baja harus menggunakan aluminium foil dan beberapa baut penguat. Selain itu, pemasangannya juga harus dipikirkan secara matang-matang, teliti, dan tepat. Salah sedikit saja, maka bangunan bisa mudah roboh. Maka dari itu, kamu perlu menyerahkan pemasangan rangka ke orang yang lebih ahli.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.