Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Es Batu

Ilustrasi es batu

Ketika cuaca panas, maka minuman dingin dengan es batu banyak yang mencarinya guna menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan gerah. Sayangnya kapasitas lemari es atau kulkas itu terbatas dan hanya mampu membuat es batu dalam jumlah yang sedikit. Sehingga bagi yang memerlukan es batu apalagi rutin tiap hari seperti pada restoran atau café penjual minuman dingin juga untuk menjaga agar ikan buah dan sayuran selalu segar maka akan memerlukan mesin es batu.

Jenis Es Batu

Perlu diketahui bahwa es batu yang selama ini dikira sama saja ternyata ada 2 jenis es batu, sebagai berikut. Pilih yang sesuai kebutuhan.

Es Batu Putih di Tengah

Es batu yang ada warna putihnya di bagian tengah dalamnya adalah es batu yang dibuat cepat membeku mulai dari luar ke dalam, sehingga ada warna putihnya di bagian dalam tengahnya. Sering disebut juga sebagai white ice atau cloudy ice banyak mesin es yang bisa menghasilkan es seperti ini. Sifat es batu putih ini adalah cepat membeku dan juga akan mudah pula mencairnya, mudah meleleh akibat adanya udara yang terjebak di dalamnya, tergantung suhu lingkungan di sekitar. Es ini juga mudah dihancurkan jadi keping-keping yang lebih kecil.

Es Batu Kristal yang Jernih

Es batu ini proses pembekuannya perlahan-lahan sehingga seluruhnya bisa membentuk kristal yang jernih dan bening transparan. Es batu kristal lebih awet dan tidak akan mudah mencair dan cenderung lebih solid atau keras. Sangat cocok untuk menjaga kesegaran ikan dan bahan makanan lainnya.

Aneka Kapasitas dan Model serta Merk Mesin Es 

Selain cara pembekuannya yang akan menghasilkan jenis es batu yang berbeda maka terdapat juga aneka merk mesin es batu di pasaran, yakni seperti GEA, atau Hicon, atau Tomori, dan lain sebagainya dalam berbagai ukuran kapasitas juga. Modelnya juga beraneka ragam. Ada yang harus selalu dituangi air bahan baku pembuat es nya, tapi juga ada yang terdapat tempat galon air di atasnya sebagai tempat air bahan baku pembuatan es nya, ada juga yang model disambung pipa penyalur air, juga tempat pembuangan. Biasanya begitu es terbentuk langsung digunakan atau dipindahkan ke freezer agar tidak kembali mencair. Model portable kapasitasnya biasanya kecil namun ringan dan bisa dibawa untuk acara outdoor.

Pilih model dan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.