Ketahui, Tujuan dan Manfaat Koperasi Simpan Pinjam

Ilustrasi seorang pria meminjam dari koperasi simpan pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah lembaga yang dapat menerima simpanan maupun pinjaman dana bagi anggotanya. Dalam menjalankan usahanya, umumnya semua tipe koperasi berlandaskan asas yang sama, yakni asas kekeluargaan. 

Agar Anda mengetahui tujuan serta manfaat koperasi, berikut simak ulasannya di bawah ini. 

Tujuan Koperasi Simpan Pinjam

Tujuan koperasi simpan pinjam ialah sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Dengan hadirnya koperasi simpan pinjam, maka diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menyimpan tabungan dan memperoleh pinjaman. Dapat dikatakan pula, bahwa tujuan utama koperasi bukan untuk memperoleh laba, tetapi memberikan manfaatnya bagi para anggota.

Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Pasal 3, tujuan koperasi Indonesia ialah memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta dapat membangun tatanan perekonomian nasional untuk mewujudkan masyarakat adil, makmur, dan maju yang berlandaskan Pancasila dan juga Undang-Undang Dasar 1945.

Manfaat Koperasi Simpan Pinjam

  1. Memberikan modal usaha bagi anggota

Koperasi simpan pinjam dapat menjadi smber modal usaha bagi para anggotanya. Bahkan terdapat beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh koperasi simpan pinjam, yakni: 

  • Peminjaman serta pengajuan modal usaha terbilang tidak rumit, sederhana, dan mudah dibandingkan dengan bank. 
  • Dapat memberikan modal kepada usaha yang cenderung masih baru atau usaha mikro. 

Dengan begitu, koperasi simpan pinjam tentunya sangat membantu memberikan modal usaha bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

  1. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Salah satu fungsi koperasi ialah menyalurkan dana kredit pada anggota yang membutuhkan. Dana tersebut pun dapat digunakan untuk melakukan kegiatan usaha yang produktif. Maka, tentunya hal tersebut diharapkan bahwa koperasi simpan pinjam mampu untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat. 

  1. Sebagai Tempat Penyimpanan Uang

Selain Bank, koperasi simpan pinjam juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang. Dalam hal ini, koperasi simpan pinjam menawarkan beberapa keuntungan yang bahkan tidak dapat ditemui di Bank, yakni:

  • Bunga deposito lebih tinggi dari Bank.
  • Besar pajak bunga lebih kecil dibandingkan dengan Bank.

Kedua keuntungan tersebut dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mulai menyimpan uang di koperasi simpan pinjam. 

  1. Proses Peminjaman Mudah

Bagi para anggota koperasi simpan pinjam yang ingin melakukan peminjaman, proses yang dilalui pun mudah dan tidak berbelit-belit.

Dalam melakukan peminjaman, biasanya membutuhkan:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi rekening listrik
  • Slip gaji
  • Agunan

Kemudian, nantinya Anda akan diminta untuk melengkapi pengajuan dana pinjaman dengan membuat dan mengajukan proposal tujuan, misal untuk usaha. 

Selanjutnya, pengurus koperasi akan melakukan pertimbangan pada proposal yang telah Anda ajukan. Apabila disetujui, maka pencairan modal pinjaman serta lamanya pengembalian akan diatur di dalam kesepakatan bersama.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.