Memilih Genset yang Berkualitas Baik

jual genset silent

Generator Set, atau kita mengenai Genset. Sebuah mesin yang dibutuhkan ketika aliran listrik dari PLN sedang padam. Bukan rahasia kalau ada beberapa daerah yang punya jadwal rutin adanya pemadaman listrik dari gardu PLN. Tak ayal mereka harus bersiap, dan segera menyelesaikan aktivitas sebelum listrik mati dengan durasi yang tidak pasti. Sangat tidak menyenangkan. Padahal kegiatan kita setiap harinya hampir semua bergantung kepada energi listrik, mulai dari aktivitas rumah tangga, perkantoran, lalu lintas jalan, dan sebagainya. Apalagi jika mati listrik saat malam tiba, ini membuat suasana makin gelap, dan urusan manusia jadi banyak tertunda. Ada beberapa jenis mesin genset, salah satunya genset silent. Terdapat beberapa tempat yang jual genset silent.

Maka kebutuhan mesin genset sudah begitu menjadi alat penting untuk meneruskan kegiatan manusia modern saat ini. Kita sering melihat mesin-mesin genset ada di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, apartemen, dan tempat komunitas lainnya. Makin kesini banyak juga rumah sebagai tempat tinggal yang sudah menyiapkan mesin genset. Apalagi bila rumah tersebut berukuran luas dan membutuhkan energi listrik besar setiap hari.

Hal-hal penting Sebelum Membeli Mesin Genset

Dengan kebutuhan mesin genset pada masyarakat modern, maka hendaknya kita memilih mesin penyimpan cadangan energi listrik yang bertenaga kuat dan daya tahan lama. Apakah kita butuh pedagang yang jual genset silent atau genset open?

Berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan saat kita ingin membeli sebuah mesin genset, yakni:

  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya dari internet mengenai genset dan jenis-jenisnya. Apalagi akan sangat baik bila mendapat saran dari rekan atau seorang instalator (teknisi listrik) yang berpengalaman dan tahu mengenai kinerja genset, dan produk merek genset yang ideal seperti yang kita butuhkan. Kita perlu tahu pada dasarnya perangkat genset untuk tempat tinggal dengan gedung perkantoran memiliki perbedaan pada daya penyimpan energi listrik cadangan. Jadi kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan sebelum membeli mesin genset;
  2. Sebaiknya kita membeli mesin genset pada dealer resmi produk yang di daerah kita sendiri atau yang terdekat. Dengan begitu, kita akan secara leluasa memperoleh informasi mengenai mesin genset yang ditawarkan perusahaan tersebut. Dealer resmi akan memberikan pelayanan yang lebih kepada pembelinya, baik dari pengecekan produk, pengantaran ke tempat, dan mungkin ada harga promo yang mereka tawarkan;
  3. Pastikan produk genset yang kita beli memiliki tempat servis resmi dan suku cadang yang mudah kita dapatkan. Berarti pastikan mesin genset yang kita beli itu memiliki garansi resmi dengan pelayanan servis yang memuaskan. Garansi terhadap mesin genset sebaiknya pilih yang lama, yakni sekitar 2-3 tahun. Akan sangat susah jika genset tersebut tiba-tiba rusak dan kita tidak mempunyai rekomendasi tempat servis, apalagi suku cadangnya. Genset pun jadi terbengkalai tidak terpakai jadinya;
  4. Ada baiknya kita membeli produk genset silent. Berdasar pengetahuan dari dealer resmi yang jual genset silent, suara dari mesin akan nyaris tidak terdengar saat digunakan. Suara mesin terdengar kalem, sehingga tidak mengganggu kita dan lingkungan sekitar. Genset silent dilengkapi dengan penutup atau cover mesin yang rapi dan lebih elegan dibandingkan produk genset open.

Wajib Merawat Mesin Genset

Sebagai pemilik barang yang bertanggungjawab, ada baiknya kita selalu mengecek, membersihkan dan mencermati kondisi mesin genset yang kita punya. Apalagi jika sering digunakan. Ini merupakan cara kita merawat dan mencegah mesin genset dari kerusakan akibat kabel putus, kebasahan, atau sebagainya.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.